Jumat, 20 April 2012

Sepuluh Pekerjaan "Unik"


Bagi kebanyakan orang, bekerja adalah kewajiban untuk kelangsungan hidup. Kehidupan yang semakin keras tiap harinya memaksa banyak orang untuk bekerja lebih keras. Banyak yang rela untuk bekerja lembur hampir tiap hari untuk mendapatkan insentif, banyak pula yang memiliki pekerjaan sampingan, karena pekerjaan utama dirasa kurang menghasilkan uang. 

Berikut adalah sepuluh daftar pekerjaan, yang bagi Anda mungkin kedengaran aneh dan konyol. Paling tidak, bisa menjadi referensi kalau Anda sudah bosan dengan pekerjaan Anda sekarang. Cuma, saya belum tau, kalau di Indonesia sudah ada belum ya?
Berikut daftarnya :

10. Pencium Ketiak
Ketika kita pergi ke supermarket untuk membeli deodoran, kita ditarik oleh banyak produk deodorant dengan kemasan penuh warna dan aroma menyenangkan. Akan tetapi, sebelum produk-produk deodorant tersebut masuk dalam kemasan, ada pihak yang perlu  memastikan bahwa deodoran-deodoran tersebut  benar-benar berfungsi tepat seperti yang diharapkan, yaitu untuk meminimalkan bau badan .Para pencium ketiak ini bisa mengendus bau ketiak sepanjang hari untuk memastikan bahwa deodoran mereka bekerja secara efektif efektif. 

9. Penentu Jenis Kelamin Ayam
Sesuai dengan nama pekerjaannya, tugas penentu jenis kelamin ayam adalah untuk menentukan jenis kelamin anak ayam ketika mereka menetas, sehingga mereka dapat dikirim ke lokasi yang sesuai untuk kehidupan masa depan mereka, sebagai ayam petelur atau untuk santapan makan malam. Proyek ini membutuhkan tangan yang lembut (sehingga tidak “merusak” badan anak ayam), mata yang baik (untuk mengenali apakah mereka memiliki penis atau tidak) dan kemampuan untuk terbuai, terlena dan lupa bahwa seluruh hidup Anda bekerja akan dihabiskan mencari organ seks ayam. Sepertinya pekerjaan ini mengasyikkan :D.


8. Tester Furnitur
Jika  Anda membeli furniture, misalnya sofa atau tempat tidur, biasanya Anda akan mencoba apakah furniture tersebut nyaman digunakan atau tidak (paling tidak dipegang). Percaya atau tidak, ada loh orang yang tugasnya adalah duduk atau berbaring selama berjam-jam untuk menguji tingkat kenyamanan mereka terhadap furniture tersebut. Karena, desain furniture tidak hanya mencakup masalah ilmu pengetahuan (arsitektur) atau ergonomi - seseorang perlu untuk benar-benar memastikan mereka berfungsi dan merasa nyaman. Hal ini, tentu saja, cukup aneh karena konsep kenyamanan sangat subyektif, tapi saya yakin mereka yang mempunyai pekerjaan ini pasti tidak banyak mengeluh ;)



 
7. Pemerah “Bisa” Ular
Bisa ular digunakan untuk semua macam hal, tapi yang paling tidak diragukan lagi adalah untuk digunakan dalam penelitian medis. Banyak racun yang dibutuhkan setiap tahun untuk penelitian ini dan beberapa orang harus menghabiskan seharian mendorong taring ular ke dalam wadah plastik untuk menampung bisanya. Setidaknya ia dapat memiliki kepuasan mengetahui bahwa tugasberbahaya itu mungkin suatu hari menyelamatkan kehidupan seseorang dan itu akan menjadi judul pekerjaan yang cukup keren.


 6. Juru Sita Pesawat Terbang
Saya yakin Anda tidak pernah berpikir bagaimana jika seseorang lupa untuk melakukan pembayaran jet pribadi mereka. Well - perusahaan pembiayaan mengirimkan juru sita pesawat! Dia harus memiliki catatan terbang yang sangat baik karena ketika ia menemukan pesawat Anda, dia harus terbang ke tujuan (ke tempat lelang mungkin). Hal ini dapat menjadi pekerjaan yang berbahaya (bayangkan proses penyitaan pesawat dari kerumunan orang banyak) sehingga, kadang-kadang, juru sita ini perlu membawa pengawal atau alat-alat berat untuk memudahkan pekerjaannya.


5. Maskot Olah Raga
Maskot Olahraga tidak hanya penggemar berlarian dengan kostum berbulu. Mereka benar-benar dibayar sebagai karyawan dari berbagai tim olahraga yang mereka wakili.Untuk menjadi maskot Anda harus atletis dan bugar dan jika Anda seorang pemalu, pekerjaan ini tidak akan cocok untuk Anda. Beberapa maskot sangat populer mereka lebih terkenal daripara pemain!


4. Body Part Model
Modeling bukan hanya untuk indah - jika Anda memiliki tangan yang baik atau kakimenarik, mungkin ada pekerjaan model untuk Anda. Pada dasarnya, tergantung pada produk yang membutuhkan model, kadang-kadang Anda perlu memiliki tangan jelek atau bagian lain dari tubuh Anda (jangan lupa bahwa seseorang perlu difoto "sebelum" foto). Model jenis ini dapat menghasilkan banyak uang, jadi hal tersebut bisa dipertimbangkan sebagai pilihan jika Anda kehilangan pekerjaan Anda.



3.  Penyelam “Bola Golf”
Apakah Anda pernah bertanya-tanya apa yang terjadi pada semua bola golf yang masuk ke air di lapangan golf? Sekarang Anda tahu: penyelam bola golf masuksesekali untuk mengambil bola-bola tersebut. Ini adalah pekerjaan yang dibayar tinggi dan itu bisa sangat berbahaya (sedikitnya dua orang tewas dalam pekerjaan ini). Bagian terbaik dari pekerjaan adalah bahwa ketika Anda selesai Anda bermain golf tentunya.


2. Masturbator Ternak
Tugas masturbator peternakan adalah me-masturbasi hewan peternakan untuk inseminasi buatan. Mereka biasanya memiliki dua pilihan. Yang pertama adalah dengan menggunakan electrifier anus yang mengirimkan tembakan listrik ringan sampai bagian bawah  binatang untuk merangsang  dari belakang.Pilihan lain adalah melakukannya dengan cara lama - dengan tangan mereka. Sepertinya semakin sedikit penjelasan mengenai pekerjaan ini semakin baik :D.



1. Pembersih muntahan
Seperti yang kita semua tahu, dari pengalaman, melakukan perjalanan jauh, naik wahana tertentu (misal tornado di Ancol) atau menyaksikan atraksi-atraksi tertentu bisa membuat kita  mual, bahkan muntah. Lebih banyak orang, makin banyak kemungkinan jumlah muntahannya khan? Nah, beruntung ada orang yang bekerja sebagai pembersih muntahan ini, sehingga semua tempat (khususnya tempat hiburan) senantiasa terjaga kebersihannya.


Sumber : Tetangga


Kamis, 29 Maret 2012

Asal Muasal Kopi



Kopi sudah menjadi bagian dari kehidupan kita. Kopi menemani kita dalam beraktivitas sehari-hari. Entah menjadi teman pagi hari setelah bangun tidur, atau entertain klien sambil ngobrol soal bisnis, menemani kita dalam bekerja, atau sekedar untuk bersenang-senang.
Sajian kopi juga sangat bervariasi, dari mulai kopi tubruk pahit sampai dengan sajian kopi dengan resep yang sangat modern.

Pada saat menikmati sajian kopi, pernahkah terlintas dalam benak kita, bahwa minuman ini sudah sangat sangat tua, beratus lipat dari umur kita?

Sejarah berawal dari sebuah tempat di daerah Ethiophia sekitar tahun 800 SM, di mana saat itu di Benua Afrika, terutama Ethiopia, orang mengkonsumsi biji kopi dicampur dengan lemak hewan dan anggur untuk kebutuhan nutrisinya. Penemuan kopi sendiri dilakukan secara tak sengaja oleh seorang gembala kambing yang bernama Kaldi. Dia memperhatikan bahwa kambing-kambing gembalaannya tetap terjaga pada malam hari, setelah memakan biji sejenis beri-berian, dan kambing-kambing tersebut melompat-lompat setiap kali memakan biji-bijian yang kelak dinamakan kopi tersebut.
Dari hasil pengamatan itu, dia mencoba bereksperimen. Dia mengkonsumsi biji beri-berian tersebut, dengan cara direbus dengan air mendidih. Hasilnya? Badannya menjadi segar! Dari situ, lantas dia menceritakan pengalamannya kepada orang-orang di sekitarnya, dan menjadi kebiasaan di daerahnya. Kebiasaan tersebut akhirnya berkembang dan menyebar di berbagai Negara Afrika, dengan penyajian yang masih sangat sederhana.

Pada abad ke 11, kopi sudah berkembang ke daerah Arab. Bangsa Arab yang mempunyai peradaban lebih maju, tidak hanya memasak biji kopi, tapi juga merebusnya untuk diambil sarinya. Saat itu, kopi menjadi minuman utama Negara-negara muslim. Karena disamping berkasiat menyegarkan badan, juga sebagai pengganti alcohol / khamar yang memang dilarang untuk muslim.

Pada abad 15, kopi sudah menyebar ke daerah Turki, Mesir, Suriah dan Persia. Pertama kali masuk, kopi kurang diterima dengan baik, dan dilarang oleh pengadilan agama di Mekkah karena efek yang ditimbulkan. Tetapi larangan tersebut dibatalkan, sejak Sultan Selim I (Sultan Ottoman Turki), membuat fatwa bahwa konsumsi kopi diperbolehkan. Kopi juga mula-mula dilarang oleh Gereja Orthodox Ethiopia sebelum abad 18. Selanjutnya, kopi mulai menyebar ke daratan Eropa dan dunia mulai abad ke 17.
Di Indonesia sendiri, kopi dibawa pertama kali ke pulau Jawa pada tahun 1690 oleh pemerintah colonial Belanda. Di sini, Belanda membuka perkebunan kopi, yang hasilnya dijual ke Eropa. Hasilnya sangat sukses, dan Belanda menjadikan kota Amsterdam sebagai pusat perdagangan kopi se-Eropa sampai bada abad 18. Pada masa-masa tersebut, sudah mulai banyak kedai kopi yang dibuka di Eropa, dimulai dari Perancis dan Inggris.

Pada pertangahan abad 19, sudah mulai ditemukan prototype mesin kopi ekspresso, dan pada abad 20, mesin kopi ekspresso dan cappuccino modern telah diciptakan.
Panjang juga ya, ceritanya J. Selamat menikmati kopi! 
Sumber : Mbah Wiki, Tetangga





Rabu, 21 Maret 2012

Sepuluh Modifikasi Tubuh Ektrim (mirip) Binatang



Apakah Anda pernah memiliki dorongan untuk membuat lubang di wajah Anda dan menambahkan di kepala Anda? Bagaimana dengan membelah lidah Anda dan menutupi diri dengan tinta?  Piercing dan tattoo keren jika dilakukan dengan penuh selera dan wajar. Tetapi beberapa teman kita berikut ini melakukannya agak terlalu jauh. 

Berikut adalah daftar sepuluh besar Modifikasi Tubuh Hewan yang Aneh :
1.    Manusia Kodok
Apakah Anda berpikir orang ini tampak seperti kodok “Banteng” besar? Tinggal selangkah lagi, orang ini bisa melangkah melewati telinganya. Mungkin dia bisa menggunakannya untuk laso botol bir di bar atau jika dia memiliki rambut, untuk mengikat rambut. Apalagi yang bisa digunakan dengan lubang telinga besar yang mirip tali tersebut?

2.     Banteng
Oke, cincin hidung keren, tapi cincin hidung banteng?? Suatu hal yang agak sulit dibayangkan adalah, gimana kalau sedang bersin ya? Pasti sangat repot :)

3.    Raksasa – Shrek
 Dapatkah Anda bayangkan betapa sulitnya untuk melewati detektor di bandara? Selain tato gila-gilaan, dia memasang “kancing” banyak dan implan (benjolan) ganda  dan tanduk. Saya akan bertaruh tanduk sekrup dan “kancing-kancing” tersebut sering membuat masalah! :)

4.    Hiu
Ini dia yang juga masuk  daftar sepuluh tato besar yang paling ironis. Orang ini sedang bersenang-senang, berenang di laut biru yg luas,  sampai seekor ikan hiu mengingatkannya bahwa dia telah masuk zona larangan tanpa izin (alias digigit tangannya sampai putus). Setelah dia sembuh, dia punya tato keren pada bagian gigitan itu.

5.    Gurita


Implannya cukup keren :)

6.    Manusia Zebra (Horace Ridler)

Horace Ridler (1892 - 1969 ) memberikan inspirasi bagi banyak pemain pertunjukan. Dia tidak men- tato dirinya sampai dia berusia dua puluhan. Dia mengejar pekerjaan yang berkaitan dengan tato ini sebagai karier setelah menuai sukses dengan beberapa tato. Penampilannya berkembang saat ia  memajukan giginya, septumnya ditusuk (oleh dokter hewan) dan tindikan telinganya untuk anting-anting besar dan rumit. Pada awal kariernya, ia melakukan perjalanan sebagai The Great Omi bersama istrinya, Ommette. Dia juga melakukan tur dengan Ringling Brothers sebagai headliner-nya untuk satu musim. Setelah karir yang panjang, ia pensiun ke kota Ripe, Sussex Inggris dan meninggal pada usia lanjut dari 77 tahun.

7.    Wanita Harimau (Katzen the Tiger Lady)
Katzen adalah kata Jerman untuk kucing. Si cantik ini mengatakan bahwa tato-nya dimulai sebagai sebuah pencarian akan pengetahuan dan kesadaran diri. Dia harus tahu dirinya benar-benar pada saat ia memiliki tato yang rumit ( baca : indah dan unik). Dia juga memiliki kumis dengan cara tindik. Ia ingat sangat  menginginkan suatu tanda yang membuat dia begitu dikenal sejak usia lima tahun.Tentu saja, dia tidak benar-benar tahu apa tato itu pada usia itu, dia hanya menginginkan tanda-tanda. Dia pernah menikah dengan salah satu personel "Enigma." Bersama, mereka membuat sebuah musik yang sukses disebut "Human Marvels”. 

8.    Manusia Leopard (Tom Leppard)
 Anda harus mengagumi pria yang bisa hidup sendiri, bebas dari kontak dengan dunia luar, dan masih sangat bahagia. Itulah yang diklaim Tom Leppard. Fakta bahwa ia memiliki tato lebih 99,2% dari tubuhnya, hanyalah cara sederhana untuk mendapatkan uang beberapa tahun lalu. Tom memang terkenal, namun demikian, sebagai Manusia Leopard of Skye, Skotlandia dan pemegang rekor Guinness, sebagai manusia dengan tato terbanyak, ia memilih hidup menyendiri dan sederhana di sebuah gubuk di belantara terpencil Skye, Skotlandia selama dua puluh tahun.  Dia masih berjiwa soliter dan tidak perlu  kenyamanan atau makhluk seperti TV atau Radio. Leopard Man of Skye, semoga Anda diberi kekuatan, dan kami berharap Anda baik-baik saja

9.    Manusia Kucing (The Stalking Cat - Dennis Anver)

Dennis Anver diketahui teman-temannya dengan nama asli Amerika, The Stalking Cat. Dia meraih Guinness Book of record untuk badan paling termodifikasi.  Dia adalah seorang teknisi elektronik / komputer. Di antara sekian banyak perubahan, Dennis telah merelokasi septumnya (tulang rawan yang membentuk hidung ), melancipkan ujung atas telingannya sehingga mirip dengan kucing. Dia memiliki banyak tato dan tulang pipi silikon implan. Dengan banyak tindikan dan sumbing bibir atas, Anda harus mengakui, ia terlihat seperti seekor kucing.  Mengapa seseorang melakukan pembedahan dan mengubah penampilan agar terlihat seperti kucing jika dia bukan seorang artis panggung? Apa pendapat Anda?

10.     Manusia Kadal (Lizardman - Eric Sprague)

Beberapa orang mungkin akan merasa jijik jika melihat orang ini. Mereka akan mengatakan bahwa dia adalah orang aneh.Mungkin  benar, tergantung pada definisi pribadi Anda mengenai keanehan. Mungkinkah Lizardman ini sebenarnya adalah pemain yang serius akan profesi yang dipilihnya? The Lizardman, adalah artis dengan kinerja tertinggi. Berapa banyak dari kita yang memiliki keberanian untuk memilih pekerjaan kita dan kemudian mengerjakannya dengan keyakinan sehingga kita siap untuk mengubah unsur-unsur kehidupan kita untuk menyesuaikan diri dengan pekerjaan itu sendiri? Eric adalah seorang pria yang tahu apa yang dia ingin lakukan dengan hidupnya dan telah membuat modifikasi terbaik yang diperlukan. Fakta bahwa dia telah mengabdikan hidupnya untuk menghibur kita adalah mulia dan terhormat. Dengan cara ini, Eric telah berhasil. Jadi jika definisi Anda tentang orang aneh adalah seseorang yang berkorban untuk mendapatkan yang terbaik buat diri dan profesinya, maka Eric adalah orangnya. Hiburan seharusnya membawa kita jauh dari realitas  untuk beberapa saat dan membuat kita bahagia, atau paling tidak bahagia. Terima kasih, Eric. Saya berharap semua performers berdedikasi sebagaimana Anda.

Sumber : The List Cafe






Senin, 19 Maret 2012

Password Terburuk


Beberapa hari yang lalu, ada teman mendapatkan pesan sebagai berikut  :
 
Suspicious Account Access

Your account was recently accessed from a location we're not familiar with. Please review the activity details below:
Near Surabaya, JI, ID (Today at 6:15pm) from a mobile device (PT XL Axiata (Indonesia))

Tampaknya account dia baru saja dipakai oleh seseorang yang tidak dia kenal, atau bahkan mungkin sudah disalahgunakan. Mungkin beberapa di antara kita pernah mengalami hal serupa?  Atau tiba-tiba saja kita sudah tidak dapat akses ke akun kita sendiri, dan tahu-tahu ternyata ada beberapa teman yang menerima pesan aneh yang bertubi-tubi dari akun kita, padahal kita tidak pernah merasa melakukannya?

Kunci pertama dari sebuah akun adalah password. Banyak di antara kita tidak menyadari bahwa sering kali kita membuat password yang mudah ditebak. Hati-hati, ada sejumlah kombinasi password yang sangat mudah ditebak oleh penjahat cyber. Berbekal password-password curian tersebut, mereka bisa membobol akun kita, entah itu akun email, jaringan sosial, akun yang berkaitan dengan perbankan, atau bahkan server!

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa saja sih password yang mudah ditebak itu? Pembuat aplikasi manajemen sandi Splash Data telah menyusun daftar sejumlah password terburuk sepanjang tahun 2011. So, inilah 20 di antaranya :

1. password;
2. 123456;
3. 12345678;
4. qwerty;
5. abc123;
6. monkey;
7. 1234567;
8. letmein;
9. trustno1;
10. dragon;
11. baseball;
12. 111111;
13. iloveyou;
14. master;
15. sunshine;
16. passw0rd;
18. 123123;
19. 654321;
20. superman;

Semoga daftar itu dapat membantu Anda membuat password yang aman.
 

Sabtu, 03 Maret 2012

ooVoo



Mungkin Anda yang baru pertama kali mendengar kata “ooVoo” akan berpikir, binatang apakah ooVoo? Atau mungkinkah itu suatu jenis makanan tertentu yang lezat dan manis? 


OoVoo adalah suatu aplikasi instant messaging client, yang dikembangkan oleh ooVoo LLC, yang dirilis tahun 2007. Masih tergolong baru memang. OoVoo bisa digunakan oleh pengguna Microsoft Windows, Mac OS X, Android dan IOS. Oovoo ini mirip-mirip dengan Skype atau Facetime Apple.


OoVoo memungkinkan pengguna berkomunikasi melalui pesan instan, suara, dan video chat secara gratis. Fitur konferensi yang ada di ooVoomemungkinkan kualitas panggilan video dan audio yang tinggi, dengan jumlah panggilan sampai dua belas lokasi pada waktu yang sama (enam di video dan enam di telepon), resolusi video sharing dan desktop tinggi, dan PC-atau Mac-ke-telepon panggilan ke sambungan telepon rumah dan ponsel (yang ini ada biayanya) .





Bagi Anda yang sangat suka chatting (baik untuk keperluan pribadi maupun bisnis), mungkin Anda perlu mencoba aplikasi yang satu ini, tidak ada ruginya bukan? :). Aplikasinya bisa didownload di sini.


Selamat mencoba!


Jumat, 02 Maret 2012

Kisah Tukang Sayur


Seperti biasa, pagi-pagi seorang ibu tukang sayur lewat di kompleks perumahan kami. Begitu saya mendengar ibu tersebut menjajakan sayur, saya langsung ke luar, dan mendapatkan si ibu tersebut sudah berada di depan rumah dengan gerobak sayurnya.
Selagi saya asik dengan memilih-milih sayur, ada seorang ibu lagi sebut saja Ibu(1)  mendekat ke gerobak, dan bermaksud berbelanja sayur juga. Si ibu sayur tersebut langsung menyapa ibu tadi, dan terjadilah percakapan sebagai berikut :

Ibu sayur         : “Mau belanja apa, Bu?”
Ibu(1)                : “Ada daging ayam nggak ya? Saya mo beli 1 ekor. Dipotongin sekalian ya”.
Ibu sayur         : “Ada!”. “Ngomong-ngomong, kemarin si orang kaya itu jahat bener ya! Masa lempar  tas kresek ke muka saya. Katanya, ‘kalo jualan sayur jangan berhenti di depan rumah saya, jangan nyampah di sini’!”.
Ibu(1)                : “Iya, sampai saya nggak jadi belanja lho!”.
Saya                   : “Wah, kok tega dan nggak sopan banget ya, sampai nglempar tas kresek gitu”.
Ibu sayur         : “Iya, Bu! Dasar orang kaya. Mentang-mentang tukang sayurnya orang miskin, seenaknya aja dia. Ibu(1) itu saksinya. Kalau nggak ada saksi saya nggak akan berani cerita. Keponakan saya yang nglihat kejadian itu langsung bengong. Orang saya jualan sayur cuma jualan aja, nggak pernah nyampah. Sampah saya buang sendiri kok!” (emosi)

Setelah memilih-milih sayur, saya bermaksud membayar belanjaan saya tersebut. Ketika akan menyodorkan uang, saya lihat Ibu Sayur itu sedang memotong-motong daging ayam untuk Ibu(1). Terdapat sisa-sisa tulang dan kulit yang tidak perlu, terbuang di jalan. Segera saja banyak lalat berkerumun pada sisa-sisa tulang dan kulit ayam itu! Seekor anjing tetangga tak mau kalah. Dia mengendus-endus sisa-sisa potongan tadi, dan  memakan sisa kulit ayam. Sedangkan sisa tulang-tulangnya, ... ternyata anjing tersebut tidak mau memakannya. Jadi, tinggallah sisa-sisa tulang itu teronggok di jalan.

Sabtu, 25 Februari 2012

WOT


Di era internet sekarang ini, tentunya browsing sudah merupakan kegiatan sehari-hari. Dari yang muda sampai tua tidak mau ketinggalan untuk kegiatan yang satu ini. Keperluan browsingnya pun beragam, dari yang mulai iseng-iseng untuk sekedar mencari informasi ringan, mencari pekerjaan, mencari kenalan ataupun untuk tujuan yang lain.

Seringkali saking asiknya berselancar di dunia maya, kita terkadang tidak menyadari bahwa ada banyak situs-situs yang kemudian menggirng dan “menjebak” kita untuk masuk ke link situs lain yang kita tidak ketahui, apakah situs itu akan memicu penyebaran virus, scam, atau situs-situs lain yang alamat website dengan kontennya sama sekali tidak cocok, atau website yang secara diam-diam mengumpulkan data-data pribadi tanpa seijin kita.

Lalu, bagaimanakah kita bisa mengetahui bahwa situs-situs yang kita akses adalah situs yang aman selain penggunaan antivirus atau pengesetan level keamanan di browser kita?

Ada banyak orang yang baik hati yang bersedia membantu kita untuk itu. Mereka menciptakan suatu perangkat (tools) yang akan membantu kita. Di antaranya adalah WOT (Web Of Trust).
WOT memperlihatkan kepada kita, situs-situs mana yang bisa kita percaya berdasarkan pengalaman jutaan pengguna di seluruh dunia. WOT mengidentifikasikan threat online yang luput dari teknologi keamanan otomatis, seperti : pengalaman user yang tidak bagus, phising (pencurian data pribadi), konten-konten yang kurang pas untuk user umur tertentu dan sebagainya. Hal-hal seperti itulah yang membutuhkan human input.

Untuk mengetahui lebih jauh, Anda bisa mengakses situs WOT di http://www.mywot.com/. Di situ Anda bisa men-download aplikasinya secara gratis, dan dengan penggunaan yang mudah dan sederhana. WOT ini bisa digunakan untuk bermacam-macam browser (IE, Mozilla, Chrome, Opera, Safari). Asik khan?

Selamat mencoba ya … so kita tidak perlu was-was lagi jika membuka situs-situs web (terutama) yang masih asing bagi kita.

Rabu, 22 Februari 2012

Sepuluh Makanan Unik

Sepuluh daftar makanan yang saya tidak berani menyantap, akan tetapi saya ingin sekali melihat reaksi orang  lain bila menyantap makanan-makanan di bawah ini :

  1. Di tempat-tempat tertentu di Indonesia, ayam dibiarkan mati sampai banyak banget belatungnya (infested with maggots), dan belatungnya itulah yang dimasak (tidak tahu nama masakannya)
  2. Makanan ajaib dari Islandia, namanya Hakarl. Konon itu juga salah satu makanan yang berbahaya, yang bisa membuat orang koit bila mempersiapkannya tidak benar. Yaitu ikan hiu yang dibusukkan dulu beberapa bulan, baru dimakan. 
  3. Daging babi mentah. Di daerah tertentu di Cina Selatan, babi setelah disembelih dan dibersihkan (isi perut dibuang), kemudian diasapi untuk sekedar membersihkan kulitnya. Tetapi dagingnya dibiarkan mentah.
  4. Cacing laut (bahasa Sasak : nyale), yang konon dimakan di daerah tertentu di Nusa Tenggara.
  5. Lutefisk, yaitu ikan yang dijemur sampai kering, dan diolah dengan tawas.
  6. Biskuit jangkrik (Gryllus Biskuit). Hasil kreasi anak-anak ITS.
  7. Salo (makanan orang Eropa Timur, terutama sebagai identitas orang Ukraina, konon rasanya kenyil-kenyil). Dibuat dari lemak babi yang dibumbui dan difermentasikan.
  8. Ikizukuri, yaitu makanan khas Jepang, yang berupa ikan mentah yang dimakan waktu masih hidup atau pada saat klenger.
  9. Kimchi (masakah khas Korea), biasanya dibuat dari kool yang difermentasi (semacam acar kubis).
  10. Sop kecoa, makanan yang sering disajikan di restoran Jepang di Jepang (di Indonesia belum ada).

Ada yang mau mencoba? :)

Rabu, 08 Februari 2012

Baca Saja di Help-nya!


Judul di atas saya gunakan, karena kata-kata tersebut begitu mengena pada diri saya. Kejadiannya sudah sangat lama, mungkin lebih dari sepuluh tahun yang lalu, ketika saya bekerja di sebuah perusahaan konsultan IT. Tempat kerja pertama setelah lulus kuliah :).

Ketika itu, saya masih sangat terpengaruh pada kebiasaan saya pada saat kuliah, yaitu bertanya mengenai apa saja belum atau tidak saya ketahui, terutama mengenai mata kuliah. Saya sudah sangat terbiasa mendapat jawaban yang final, artinya jawaban yang saya peroleh bisa langsung digunakan untuk menjawab pertanyaan/sudah merupakan solusi permasalahan. Saya tidak pernah berusaha untuk mencari tahu solusi dari permasalahan/pertanyaan-pertanyaan saya sendiri (terbiasa dilayani haha).

Pada saat bekerja di perusahaan konsultan tersebut, saya diharuskan untuk menggunakan suatu software tertentu untuk membangun sebuah aplikasi. Karena saya belum pernah menggunakan  software tersebut, otomatis saya harus belajar dalam waktu yang sangat singkat. Saya lihat setiap orang sudah mempunyai tugas masing-masing. Tidak ada training khusus untuk mempelajari software tersebut. Maka, apabila saya menemui kesulitan, begitu saya pikir saya tidak bisa memecahkannya, saya segera bertanya kepada salah seorang senior yang dianggap pandai oleh rekan-rekan kerja yang lain.

Mula-mula, beliau menjawab pertanyaan saya dengan penjelasan yang bisa saya mengerti. Akan tetapi, lama-kelamaan, karena saking sering saya bertanya kepada beliau, mungkin beliau merasa jengkel atau terganggu, tiba-tiba suatu saat ketika saya bertanya mengenai suatu hal, beliau dengan agak keras menjawab,"Baca saja di help-nya!". Wah, rasanya merah padam muka saya waktu itu, karena menahan rasa marah. Dengan setengah hati, saya mulai membuka halaman-halaman help dari software tersebut dan mulai mencari penyebab permasalahan saya sekaligus mencari solusinya. Banyak buntunya, akan tetapi saya coba terus. Kalau misalnya belum berhasil juga, saya akan berusaha mencari referensi di tempat lain, misalnya di buku-buku atau internet.

Dari situ saya mulai sadar, bahwa saya harus mulai membiasakan diri untuk memperluas wawasan / referensi. Tidak bisa terus bergantung kepada orang lain yang kita asumsikan selalu siap sedia untuk menolong kita, karena saya pikir, kualitas kita bergantung pada diri sendiri, bukan orang lain. Karena jika terus-menerus mengandalkan orang lain, diri sendiri tidak akan maju-maju.

Saya tidak sedang mengatakan bahwa saya sudah maju, akan tetapi paling tidak, saya mulai mengerti bahwa untuk maju, kita tidak bisa sepenuhnya menggantungkan diri kepada orang lain. Untuk senior saya, Mas C (mungkin Anda sudah tidak ingat kepada saya), terima kasih sudah mengingatkan saya! :)

Senin, 30 Januari 2012

"Uang Rokok" / Tips


Suatu hari seorang sahabat datang ke rumah. Dari wajahnya yang kusut masai terlihat jelas bahwa dia sedang terkena masalah. Tanpa menunggu pertanyaan dari saya, setelah berbasa-basi sebentar, sahabat tersebut langsung mengeluarkan uneg-negnya. Benar saja, dia sedang terkena masalah, menyangkut masalah hukum yang berkaitan dengan salah seorang kerabatnya, sampai melibatkan pihak kepolisian.

Setelah selesai mengutarakan uneg-unegnya yang panjang lebar (perlu ditambah tinggi tidak ya? :)), akhirnya
dia bertanya kepada saya, "Berapakah saya harus memberikan uang rokok/transportasi pada polisi yang telah membantu saya ya?".Saya jawab saja, saya tidak tahu, karena saya belum pernah (jangan sampai) mengalami hal tersebut. Kemudian dia bercerita bahwa tempo hari dia telah meminjam uang beberapa ratus ribu kepada temannya hanya untuk memberi "uang rokok" kepada polisi tersebut. Saya bertanya kepadanya, apakah sang polisi meminta uang untuk apa yang telah dilakukannya dalam penyelesaian permasalahannya? Dia menjawab bahwa polisi itu memang tidak meminta uang sepeserpun untuk layanannya, akan tetapi dia merasa tidak enak saja kalau tidak memberikan uang jasa tersebut, karena sudah dibantu.

Saya jadi teringat pada saat saya harus ke kantor polisi untuk meminta surat keterangan kehilangan barang.
Setelah surat keterangan jadi, saya hanya mengucapkan terima kasih, .. setelah itu langsung pulang. Jadi
terpikir, apakah waktu itu seharusnya saya juga memberikan uang jasa atas pembuatan surat keterangan
tersebut?

Urusan "uang rokok" / tips ini bagi saya memang membingungkan. Bukan saja di instansi kepolisian, melainkan juga di banyak tempat, terutama tempat publik seperti salon dan restoran. Bahkan pernah saya baca di harian nasional, bahwa ada seorang pegawai restoran yang menyatakan, kalau (pelanggan) si A uang tips nya banyak, kalau si B uang tips-nya sedikit. Pegawai tersebut juga menginformasikan bahwa biasanya uang tips yang diberikan pelanggan adalah sekian rupiah (baca: lumayan besar).

Mungkin beberapa puluh/ratus ribu bagi beberapa orang sangatlah enteng. Akan tetapi, saya bisa lihat dari
cerita sahabat saya tadi, bahwa dia memaksa dirinya untuk memberikan "uang rokok" sampai harus meminjam dari temannya, padahal polisi tersebut tidak pernah meminta, bahkan mengatakan jumlah yang harus dibayarkan untuk jasanya.

Bagaimana menurut Anda?

Senin, 16 Januari 2012

No Liquid Allowed

Pagi-pagi dengan semangat empat lima saya pergi ke kantor pos terdekat untuk mengirim paket barang permintaan adik saya yang tinggal di propinsi seberang.

Begitu sampai kantor pos, saya langsung ke loket khusus untuk pengiriman barang. Saya bilang ke petugasnya, "Pak, saya mau kirim paket.", sambil mengulurkan paket yang masih terbungkus plastik putih. Petugas tersebut bertanya,"Isi paketnya apa, Bu?". Saya jawab bahwa isinya oli, oli khusus karena tidak dijual di toko-toko / supermarket yang ada saat ini.

Mendengar jawaban saya, petugas loket tersebut langsung menerangkan bahwa barang-barang cair tidak diizinkan dikirim lewat Pos, sembari  menunjuk ke papan peraturan yang ada di seberang-nya, mengenai barang-barang yang boleh atau tidak boleh dikirim via pos. Petugas tersebut menambahkan bahwa apabila oli tersebut bocor, maka akan bisa merembet juga ke paket-paket yang berbarengan dikirim bersama oli tersebut, dengan kata lain, bisa membahayakan paket-paket lain.

Ketika saya tanya apakah ada opsi lain untuk mengirimkan barang cair tersebut, petugas tersebut tidak bisa memberikan jawaban, dia hanya mengiyakan saja pada saat saya mengambil kesimpulan bahwa barang-barang cair harus dibawa sendiri untuk dikirimkan.

Saya jadi jengkel kepada diri sendiri, kenapa tidak mencari informasi dulu sebelumnya. Saya mengira kalau semua barang bisa dipaketkan. Saya jadi bertanya-tanya apakah hal ini berlaku juga untuk penyedia jasa pengiriman lainnya ya? Kalau memang demikian, berarti saya harus mudik untuk membawa pesanan adik saya tersebut. :(

Minggu, 08 Januari 2012

Ojek Payung

Apabila saya sedang tidak berada di rumah, dan hujan datang, selain berpikir bagaimana dan jam berapa saya bisa pulang, ada satu hal lagi yang pasti ada dalam pikiran saya, yaitu Ojek Payung.

Di mana-mana, yang pasti ketika hujan datang, banyak sekali terlihat anak-anak kecil, yang berumur antara lima sampai belasan tahun membawa payung yang berukuran besar. Payung-payung tersebut bukannya mereka pakai sendiri, melainkan ditawarkan ke orang-orang yang ingin berpindah tempat, melewati ruang terbuka. Entah itu dari depan sebuah gedung untuk menyetop angkutan umum / taksi, entah itu dari suatu tempat ke tempat lainnya dalam jarak dekat. Tarif untuk menggunakan payung mereka, sekali jalan adalah seribu rupiah. Mungkin saja sekarang sudah naik :).

Saya pikir, wah anak-anak itu kreatif banget memanfaatkan kesempatan yang ada untuk menambah uang saku mereka. Mereka rela berbasah-basah demi mendapatkan rupiah. Pendapatan mereka tidak tentu. Yang jelas mereka sangat bergantung pada "hujan". Bagi orang lain, mungkin saja hujan merupakan halangan untuk beraktifitas, tetapi bagi mereka, hujan merupakan rejeki.

Peluang ini tidak disia-siakan oleh sejumlah orang yang melihat potensi bisnisnya. Pernah suatu ketika, tak sengaja, ketika naik angkutan umum, seorang bapak di sebelah saya menerima telepon dari temannya. Bapak  tersebut berkata kepada temannya bahwa dia sedang mencari perluasan bisnisnya di daerah Bogor. Bisnisnya tak lain adalah Ojek Payung. Dari beberapa kota yang sudah dia masuki, ternyata potensi bisnisnya cukup besar. Bermodalkan payung yang berjumlah puluhan, bahkan ratusan, dia bisa merekrut anak-anak yang perlu tambahan uang untuk menjalankan bisnisnya. Omzet-nya tidak main-main loh, sehari bisa mendapatkan tiga juta rupiah net! Itu pendapatan bersih rata-rata di sebuah kota! Luar biasa, bukan?

Sampai saat ini, jika saya melihat seorang anak yang sedang menawarkan payung pada saat hujan, pikiran saya langsung tertuju ke pembicaraan bapak tersebut. "Jangan-jangan, anak ini masuk bisnis bapak itu". :)