Selasa, 03 Januari 2012

Jempol untuk Samsat Ciputat

Hari ini, sekitar jam 8.15WIB saya bergegas pergi ke Samsat Ciputat untuk membayar pajak kendaraan saya. Sebenarnya agak deg-degan juga, karena ini baru pertama kalinya saya mengurus pajak kendaraan.

Beruntung, ternyata kantor samsat tidak begitu jauh dari rumah, sehingga kurang dari 30 menit saya sudah sampai di sana. Suasana lantai 1 tidak begitu ramai, hanya terlihat beberapa orang saja yang hendak mengurus pajak kendaraan. Begitu masuk, saya menuju loket untuk meminta formulir pendaftaran. Petugas loket meminta saya untuk mengurus segala sesuatunya di lantai 2. Dari info seorang yang sering mengurus pajak kendaraan, formulir tersebut tidak usah diisi, karena nanti akan diisikan oleh petugas di lantai 2.

Sesampainya di lantai 2, ternyata ruang sangat ramai. Setelah bertanya pada orang-orang sekitar, saya memasukkan berkas-berkas saya ke loket pengesahan berkas. Petugasnya sangatlah cekatan, beruntung saya sudah mempersiapkan segala sesuatunya sehingga mempermudah proses pengurusan. Setelah itu, saya dipersilakan untuk menunggu panggilan di loket berikutnya, untuk mendapatkan rincian biaya pajak yang perlu dibayar. Tidak sampai sepuluh menit, saya sudah dipanggil beserta beberapa orang lainnya, dan dipersilakan untuk membayar pajak di loket pembayaran. Di loket pembayaran, prosesnya juga sangat cepat. Setelah melakukan pembayaran, kami dipersilakan untuk menunggu di loket sebelahnya untuk pengembalian berkas STNK lama dan Surat PKB/BBN-KB baru.

Yang membuat saya kagum adalah petugas-petugasnya, semuanya cekatan dan sangat membantu, sehingga prosesnya sangat cepat dan mudah. Di kantor samsat tersebut juga tidak ada calo sama sekali. Di sebelah loket terakhir, terdapat semacam tool berbentuk kotak yang ditempelkan di tembok untuk penilaian kinerja samsat tersebut. Ada tiga tombol, tombol berwarna hijau untuk nilai layanan sangat memuaskan, tombol berwarna kuning untuk nilai layanan memuaskan, dan tombol berwarna merah untuk layanan tidak memuaskan. Saya pencet tombol hijau! :)

1 komentar:

  1. Masih (sudah?) ada juga bagian yang bagus dalam pelayanan umum di negara ini. Kudos - dan semoga tetap bagus begitu! :) :&

    BalasHapus