Rabu, 04 Januari 2012

Simple Tofu Teriyaki

Suatu sore, ketika sedang belanja bulanan, mata saya tertuju ke deretan rak yang berisi bermacam-macam kecap dan saos. Saya tergelitik untuk mendekat ke salah satu rak tersebut, karena melihat ada semacam kertas yang terselip di antara kecap-kecap dan saos tersebut. Ah, ternyata resep masakan. Di situ tercantum resep masakan tahu teriyaki, yang tentu saja menggunakan produk saos teriyaki yang dibendel bersama kertas resep tadi. Resepnya cukup simple, sehingga akhirnya saya tertarik membeli produk saos teriyaki-nya. Iseng-iseng buat variasi, karena masakan saya terhitung default, kalau tidak lodeh ya tumis, atau sop :).

Sampai di rumah, saya praktekkan resep tersebut. Tahu dipotong-potong, dilumuri terigu, kemudian digoreng sampai setengah matang, lalu angkat (saya menambahkan jamur perancis yang diiris tipis-tipis untuk variasi ). Setelah itu, saya siapkan irisan bawang bombay (menurut resep harusnya ditambah irisan cabai merah dan hijau yang sudah dibuang isinya, tapi karena suami saya anti cabai, saya hanya siapkan bawang bombay-nya saja). Bawang bombang ditumis sebentar, kemudian tambahkan tahu hasil gorengan tadi dan jamur, kemudian aduk-aduk hingga rata. Tambahkan saos teriyaki dan air secukupnya, sambil terus diaduk hingga matang. Jadi deh ...

Bener loh, ternyata sesimple itu cara membuatnya, rasanya juga sudah seperti di restoran-restoran hehehe. Mestinya sih bukan cuma tahu saja yang bisa dibuat teriyaki, cuma saya belum tahu dan belum eksplore juga. So, jika ada yang pengen coba, just go ahead ... very-very simple! :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar